Skip to main content

2 tahun, 2 cerita.

YIHA. Lama banget rasanya ga nulis blog wkwk padahal udah banyak banget draft yang udah setengah jalan tapi terlalu mager buat dilanjutin contohnya london trip & gpmb tahun lalu (di bawah ini ada secuplik kisahnya yang ga jadi gue lanjutin wkwkwk)


Kali ini insya Allah ga mager karena terlalu banyak cerita untuk dikenang. Jadi cerita kali ini akan dimulai dari awal gue bergabung ke tim MBWG goes to GPMB disertai dengan perbandingan kisah di tahun lalu. Loncat-loncat sih alurnya hahaha yasudahlah ya. Here it goes.

Setelah selesai latihan standardisasi di bulan Februari, mulai-lah muncul wacana audisi untuk pemain GPMB. Waktu itu gue udah menetapkan dari awal kalau gamau main, karena cape, mau nyoba hal lain, dan alasan-alasan klise lainnya. Waktu itu dari FE 2012 cuman Nindya yang mau main, yang lain ga ada yang mau lanjut. Tapi kata Fio semua yang ikut standardisasi harus ikut audisi... yasudah akhirnya gue pun audisi. H-1 audisi Fio ngeline gue, ngebujuk-bujuk mau main dll, disitu gue masih cukup kekeuh kalo gamau main. Terus audisi, diaudisi kak Rendi, pelatih PITnya UI. Abis audisi hasilnya keluar, terus gue ada di peringkat pertama nilainya 84sekian. Hahahaha ga paham juga itu kak Rendi lagi ngigo apa gimana. Terus abis itu dikumpulin diruang alat buat fiksasi siapa yang mau main. Disitu gue dipojokin, kata Fio gue harus main atau gue yang ngelatih huhuhu. Terus yaudah disitu gue ga ngasih jawaban apa2. Terus gue lupa entah kapan akhirnya gue memutuskan buat main setelah galau2 sekian lama. Kalo boleh jujur sih sesungguhnya dari sejak hasil audisi itu gue udah mulai goyah buat main hahaha tapi masih tahap denial mengakui kalo sebenernya mau.

Terus mulailah semua latihan-latihan GPMB. Awalnya pemainnya ada 12 orang, yang kemudian berguguran satu demi satu. Waktu itu Fio buka oprec buat umum karena masih kekurangan 2 orang pemain. Terus datenglah Femi. Waktu pertama kali liat Femi, waktu lagi bikin pad marimba di depan ruang alat. Taun ini super inovatif gak sih ada pad marimba :""") dan nantinya akan ada pad vibes yuhu nih liat fotonya di bawah ini ;)) itu ada 3 buah pad yang di baris kedua hahaha.


Ketemu Femi, kenalan, awalnya masih malu-malu pendiem-pendiem ga banyak ngomong, tapi ternyata jadi sumber semangat buat semua orang sampai detik-detik terakhir. Latihan berjalan kayak biasa, Senin-Rabu-Sabtu kalo ga salah waktu itu gue juga lupa. Terus mulai berguguran, mulai dari si A yang emang udah punya penyakit yang cukup parah dari lama. Padahal dia termasuk salah satu orang yang paling semangat dan rajin latihan dari standardisasi, tapi ternyata emang ga memungkinkan buat ikut latihan yang emang makin lama sepadet itu. Posisi alatnya cukup krusial, butuh orang yang peka nada dan bisa nyari nada dengan cepat, dan susah nyari orang yang tepat. Abis itu gue lupa urutan keluarnya siapa duluan baru siapa.. pokoknya abis itu si B keluar setelah sebelumnya emang ngilang ga ada kabar ditanyain ga bales, katanya sering kambuh sakitnya karena MBWG padahal sebenernya dia emang lagi hectic osjur saat itu. *ceritanya masih kesel ga terima alesan cabutnya HAHAHA ga deng canda*. Waktu akhirnya dia ngabarin dan bisa diajak ngomong, emang udah keliatan kalo emang udah ga disini hatinya, udah ga ada niat sama sekali buat nyari solusi permasalahan yang sebenernya menurut gue sepele. Huf yasudahlah. Terus abis itu keluar si C, alasannya sama juga gara-gara sakit maag yang sering kambuh, lagi-lagi nyalahin MBWG padahal lagi hectic osjur. Cuma si C ini emang udah ga dibolehin banget sama orangtuanya, dia juga sebenernya keliatan mau banget tapi setakut itu buat bilang engga ke orangtuanya. Terus abis itu keluar lagi si D, alasannya karena sakit yang awalnya dianggap ga bakal berpengaruh ke latihan tapi ternyata ga bisa dicuekin lagi. Huf. Di akhir cuma ada 9 orang. Dari 14 orang.

Fio mulai nyari-nyari oprec lagi. Waktu itu sempet ada 2 orang temennya Femi juga. Udah diaudisi sama Fio, terus ngeliat kita latihan 1x. Terus tiba-tiba di latihan berikutnya yang seharusnya mereka dateng dikabarin kalo mereka gabisa ikut latihan, alasannya jadwalnya ga cocok, banyak kesibukan lain. Fukkkkk minta disambit banget dasar PHP. Padahal pas liat latihan semangat banget. Akhirnya kembali lagi ke kurang 5 orang. 

Kemudian akhirnya Fio lagi sibuk nyari-nyari pemain timpani yang emang super sulit dan beda sama alat-alat lainnya. Nanya ke anak-anak ISO katanya lagi pada sibuk semua ngurus konser. Nanya anak MBWG 2009 yang super jago tuningnya tapi ternyata dia lagi sibuk TA. Terus akhirnya gue nanya ke temen gue anak KPA siapa yang udah berpengalaman main timpani, terus dikasih 2 nomor. Gue SMS dua-duanya, yang bales cuman 1, namanya Weha. Katanya dia mau-mau aja tapi masih lemah masalah tuning, akhirnya Fio sms langsung dan akhirnya dia mau. Karena dia anak 2010 akhirnya itu semua manggil dia Kaweha. Alhamdulillah nambah 1 pemain.

Setelah itu, Fio akhirnya ngumpulin semua anak PIT yang udah standarisasi dan masih bisa ditemukan. Udah hopeless banget sebenernya itu, masih kurang banyak pemain dan udah h-min sekian bulan. Terus akhirnya Indira mau main asal boleh sama Dhika dan ada penggantinya. Terus Abi mau main kalo Indira main. Terus Faza juga akhirnya mau main. Huhuhuhu senang dan super lega banget disitu :"""D Udah super sulit nyari pemain h-min segitu, dan akhirnya ujung2nya juga pemain lama yang basicnya sudah terjaga. Senang.

Setelah balada mencari pemain berlalu, akhirnya latihan makin intensif dan melelahkan. Ditambah kita juga ke UI buat nyoba alat. Berapa kali ya ke UI gue lupa sejujurnya, tapi pokoknya pas bulan puasa pas pemainnya masih belom lengkap dan cabut2an itu 2 atau 3 kali. Setelah pemainnya lengkap kalo ga salah 2 atau 3 kali juga. Macem-macem cerita waktu ke UI ini :") yang terakhir ke UI kita berangkat subuh2 sama Mbe bawa 2 mobil, terus latian dari pagi sampe siang, terus istirahat di rumah w. Padahal rumah w super kecil sumpek dan panas namun dimuat2in oleh 14an orang.. hahaha. Terus pernah juga kita latihan malem2 terus istirahat di rumah Cece terus pulang ke rumah masing2. Terus pernah juga  kita nyarter mobil travel gitu terus pulang pergi, super lelah banget ini mana kita pulang kan siang2 gitu udaranya panas dan mobilnya sempet mogok hahahaha. Super capek tiap ke UI, karena kita cuma bisa make alat waktu MBUI ga ada latihan jadi ya jamnya akan aneh2. Entah subuh, entah malem di atas jam 10, atau entah dini hari. Transport juga awal-awal super susah; kalo awal-awal biasanya naik Aya Travel dari Baltos - Depok. Terus abis itu pernah nyarter, tapi makin akhir alhamdulillah ada mobil dari panitia transport. Walaupun super melelahkan tapi selalu senang alhamdulillah kalo ke UI, alat-alatnya bagus, jadi kedengeran semua bunyi aslinya :""") ada chinese gong, ada vibes, ada timpani, ada bar chimes :""") ini foto2 waktu ke UI :"")





Terus banyak mallet baru tahun ini, sampe abis 11 juta buat beli entah berapa pasang mallet. 1 marimba ada 5 pasang, dikali 3 ada 15 pasang, ditambah vibes masing2 2 pasang dikali 3 jadi 6 pasang, ditambah mallet xylo, jadi ada 22 pasang. Huhu bagus banget malletnya. Malletnya cuma boleh dipake kalo lagi latihan2 tertentu yang disuruh Fio, atau kalau lagi ke UI kalau lagi pake alat asli, soalnya kalo pake alat sendiri takut rusak. Huhu. Terus selain itu kita juga beli kantong mallet super kece yang bisa dijadiin tas cantik, bisa dilipet dan diresleting.



Selain itu di road to GPMB kali ini, semua hal terasa lebih positif. Baik dari panitia, pelatih, dan seluruh komponennya. Lebih sering disemangatin, lebih sering menyemangati satu sama lain. Ohiya ada NAC tahun ini, semacam training untuk membangun teamwork. Seru banget :"""D Sebenernya inti acaranya basically adalah nangis-joget-makan-tidur on repeat. Tapi seru banget jogetnya huhuhu bikin seneng banget walaupun berulang2 dan bikin keringetan. Di NAC ini juga kita diajarin cara membangun percaya diri, visualisasi sebelum main, dan gimana caranya munculin aura positif dan mengatasi panik.


Kemudian akhirnya datanglah hari H, dari mulai pelepasan sampai tampil di Jakarta. Hari pertama karantina adalah hari Jumat. Itu gue lagi super hectic banget semua deadline belom ada yang kelar. Karena baru kelar nugas sekitar magrib2 akhirnya nyusul ke Pussenif baru abis magrib naik angkot ujan2. Huhu bete banget ujannya super deras dan salah turun jadi super jauh jalannya :"""( sampe sana pun belom mulai latihannya karena masih ujan. Akhirnya mulai latihan di tengah derasnya hujan, banyak cacing, becek2. Selesai latihan pun gue harus begadang demi essay calon asisten yang deadline hari Minggu, dimana akan super hectic. Sabtu latihan kayak biasa; ohiya Faza ulangtahun di hari ini!! Entah ada ide darimana akhirnya kita semua pake mukena dan nungguin dia kelar mandi di depan pintu wqwqwq hadiahnya bantal soalnya Faza suka tidur. wkwk. 


Terus Sabtu latihan seharian, terus tiba-tiba udah hari Minggu aja hahahaha. Cabut ke UPI, cuma sempet latihan bentar, bahkan ngaret banget baru mulai ngerun itu jam setengah 2 yang mestinya udah open gate huft. Terus nampil.....wkwkw busykil bet busykil. Emang gedungnya super menggema jadi sulit ngebedain suara asli sama gemanya kubingung. Banyak yang salah timing, fals, lalu blm ada alat asli jadi pada pake bells jadi suaranya super jelek. Mayan sedih ga ada yang nonton berhubung MRI lagi pada hectic semua dan MTI lainnya entah kemana. Akhirnya gue sama Faza mojok di tangga kelelahan dan kecapean dengan keramaian wkwkw



Wkwkwk terus pulang dulu deh ke kosan, di kosan ngerjain tubes SRS yang deadline hari Selasa + belajar UAS KWN. Namun cuman bertahan berapa jam, sisanya ketiduran kayak orang mati hahahaha. Selesai UAS KWN terus langsung ke Pussenif. Rencananya jam 6an namun ternyata harus bawa kursi timpani yang minjem dari kosan gue jadi gabisa ngangkot atau ngojek, akhirnya pesen taksi sama Fio. Tapi karena macet dan ujan akhirnya ga dateng2. Akhirnya minta dijemput Nabila dan baru berangkat jam 9. Sampe Pussenif orang-orang udah pada di kasur semua wkwk namun gue masih harus berkutat di depan laptop nungguin teman2 w yang sedang berjuang nubes SRS. Emang ga jelas banget tubesnya, semua orang baru ngerjain H-1 karena emang terlalu ga jelas dan ga ada yang ngerti. Terus jam 2 bangun, siap2 berangkat. Namun ngaret karena busnya nyasar, baru berangkat jam setengah 6an. 

Sepanjang perjalanan pun gue masih megang laptop dan nugas. Sedih ya. Berangkat ke Jakarta, ngaret2 gitu akhirnya sampai juga langsung ke Istora. Disana kita bakal uji lapangan sekitar jam 2.. Sampai Istora belom bisa dapet alat asli jadi kita pemanasan dulu pake alat yang kita punya, terus yaudah deh uji coba lapangan. Karena disitu ngejar display jadi yaudah dicobanya per frase aja ga sempet ngerun satu paket kalo ga salah. Abis selesai nyoba lapangan terus alhamdulillah alatnya bisa dipake. Lelaaaah banget hari ini. Bolak-balik moving kesana kemari ke atas ke bawah, mana offinya juga masih kurang orang banget dan kurang sigap, alhasil yaudah capek dimoving huf sampe lemes. Terus Jakarta super panas parah bawaannya pengen marah-marah terus rasanya. Capeeek. Berbanding lurus sih sebenernya capeknya iya tapi make alat aslinya juga lebih lama jadi yasudahlah berusaha dikurangi ngeluhnya. Kita di Istora sampe sekitar jam 9 atau 10an, terus macet banget di jalan akhirnya baru sampe penginapan jam 12an. Terus itu juga masih lama nungguin koper. Lelah deh lelah. Alhamdulillah kamarnya nyaman, berAC, gede, kamar mandinya juga nyaman. W sekamar sama Indira dan Rana. 

Kemudian esok harinya kita latihan lagi ke Istora. Oh iya kita NAC-an dulu ketemu ka Ronald hahaha tapi alhamdulillah ga ada nangis2 disini. Cuma joget2 yiha bikin senang. Kita mau uji coba lagi sekitar jam 1an. Terus kalo boleh jujur sebenernya uji coba ini berasa ga maksimal banget.. ya gimana dong anak PIT kan ga display jadi emang pengennya bahas musik terus haha dan disini waktunya mepet banget jd jarang jg bahas display. Abis uji coba terus kita ke Ragunan lanjut latihan. Namun entah gimana disini lama banget nunggu di bus, entah karena apa ku jg tak tahu pokoknya jadi nunggu kurang lebih satu jam.. Terus baru sampe Ragunan sekitar jam 7 atau 8an gitu. Yaudah terus latihan display beberapa kali saja. Terus balik lagi deh ke penginapan.  Oh iya di hari ini Fio ulangtahun! Kadonya udah disiapin dari jauh2 hari yaitu 1 papan infraboard isi foto2 Fio + ucapan singkat dari anak2 MBWG dan satu lagi 1 papan infraboard isi muka anak2 PIT beserta ucapan spesial dari kita. Tadinya kita mau ngasih kue waktu udah di Ragunan, namun kadonya ada di mobil Faza, mobil Faza dibawa buat orang-orang yang mau natalan, alhasil baru sampe pas di penginapannya. Tadinya mau ada kue namun Cece ga sempet beli, yaudah akhirnya kita cuma ngasih snack Oishii Pillow sama Lays. Nyurpriseinnya pun lewat 16 menit. Super kentang karena udah pada ngantuk. Huf semoga senang dengan kadonya ya Fi. 


Kemudian esok harinya perkusi latihan di Istora yaaay. Alhamdulillah bisa dapet alat asli yay ketemu alat asli lagi senangnya :"""D Terus latihan sampe sekitar setengah 3. Terus makan siangnya KFC nasi + 2 ayam, minumnya Mirinda/Pepsi, buahnya pisang Sunpride :""""""" Nikmat banget huhu gendut. Dari Istora kita balik lagi ke Ragunan buat gabung latihan. Terus yaudah deh latihan per frase dan di akhir ada ngerun full paket + march in march out 2 kali. Alhamdulillah cukup baik.

LALU UDAH HARI H. TANGGAL 26. Jadi kita berangkat sekitar jam 6an. Sampai di lapangan deket jalan raya itu sempet gabut2 duduk2 dulu karena alat2nya belum sampai.. Terus disitu gabung musik sebentar.. Banyakan gabutnya deh hahaha gapapa sih biar ga deg2an. Terus yaudah dicepol2, terus kita pindah ke ruangan tempat NAC kmrn. Berhubung kita ga punya uang buat nyewa ruangan dan emang udah full booked yaudah terpaksa ruang gantinya disana. Disana nungguin yang cowo2 jumatan sambil yang PIT dimakeup. Super lama btw berhubung yang bs bikin eyeshadownya cuma Dinay, blm lagi make up CG super banyak. Abis make up dan makan rencananya kita konser musik dulu satu band. Oh iya mestinya kita tampil sekitar jam 2.08 namun ngaret ngaret ngaret sampai kurang lebih setengah 4. Kemudian sekitar jam setengah 2 turun hujan, tiba-tiba, sangat deras, tepat banget orang-orang siap-siap moving ke bawah. Terus bengong semua.... Orang-orang hectic banget di bawah :" alat-alat dari CI alat-alat asli yang bagus itu yang baru sampe terus tiba-tiba ujan turun. Sampe pada lari-lari, padahal itu super jauh banget ga ngerti lg dari Istora. Itu di luar Istora bahkan. Gue bahkan gangerti itu gimana apa kabarnya alat-alat, sebagian bisa dimasukin truk tapi mostly alat PIT dibawa lari huhuhu. Panitia bolak balik dr lapangan softball ke bus buat ngambil payung dan ponco yang masih ada di tas orang-orang. Terus nunggu setengah jam-an ujannya ga reda-reda :"""" Akhirnya Bang Dim bilang kita harus nerobos hujannya. Bus di parkiran Istora gabisa keluar karena terlalu padet lalu lintasnya. Pake mobil juga gabisa, gabakal cukup dalam waktu sejam buat semuanya sampe. Alhasil yaudah kostum dan alat-alat brass bakal dibawa lewat mobil. Huhu padahal yang PIT baru banget selesai make up. Yaudah akhirnya kita ujan-ujanan pake payung atau ponco atau jaket yang ada, gulung legging, nyeker krn gabawa sendal jepit, terus menerobos hujan.  Ohiya baik banget btw MBUI bantuin kita moving pake mobil buat alat dan kostum.. terharu. WKWKWKW sedih bgt sejujurnya kalo dipikir2 ya Allah :"" Kaki sakit pula krn banyak bgt kerikil bertebaran :") Akhirnya sampe juga di Istora, terus buru-buru pake kostum, ga sempet visualisasi bareng satu band. Ya Allah chaos bgt mau nangis aja rasanya.. Tiba-tiba udah ada diroll call. Tiba-tiba udah mulai Vuelie. Tiba-tiba udah Snowman. Tiba-tiba udah Let it Go. Tiba-tiba udah Whiteout. Tiba-tiba udah Great Thaw. TIBA-TIBA UDAH MARCH OUT. Kacau sih parah secepet itu rasanya yaampun wkwkwk run tercepet deh kayaknya. Beres tampil kita ke atas terus foto-foto huhu sedihnya nyokap w ga nyamperin :""" padahal Cece udah bilang nyokap w tampil :""" Ternyata pas w SMS lagi asik nonton sanur dan pas ke atas w udah ga ada huf. Bahkan ga foto-foto samsek kayaknya ga ada yang nonton, cuman inget foto sama Kurnia aja :" Oh iya btw di hari ini gue ketinggalan jeans HAHA bodoh banget gak. Jadi kan gue dateng pake jeans terus daleman legging tuh, terus pas baliknya gue lupa banget gue cuma pake legging. Terus gue tinggal. Padahal di dalemnya ada anting :""" Alhamdulillah sekali balik lagi ke gue berkat bantuan Rio yang udah nyariin wkwkwk


Abis itu kita balik lagi ke ruangan tunggu disana karena nunggu bus yang stuck gabisa keluar. Lama banget disana, dari sekitar jam setengah 5 sampe setengah 7an. Di rencana awal bahkan mestinya kita lanjut latihan di Ragunan wakakak tapi udah pada super tepar. Waktu nunggu di ruangan ganti itu awalnya bobo entah berapa lama. Tapi sebelumnya sempet ngebahas sama beberapa orang gimana tadi nampilnya. Menurut anak-anak PIT sih mostly bagus karena ga ada kesalahan yang fatal sampe ganggu banget, ya Snowman part C kacau sih temponya. Tapi pas keluar Istora kok orang-orang pada nangis, orang-orang pada bilang jelek. Terus abis bobo itu pas kebangun, Abi sama Indira mulai ngajak ngosip dengan mencoba nebak wajah dan ekspresi panitia karena sebenernya jam segitu udah ada pengumumannya. Terus tiba-tiba Rahma dateng meluk gue out of nowhere :""""< Gue jadi makin panik karena barusan aja ngomongin semua hal negatif tentang tampil td sama Abi Indira. Terus abis dipeluk gue minta ditemenin di toilet, di toilet Rahma bilang "Nad mau dikasih tau ga hasilnya apa?" HUHUHUHUHUHU fak banget jahat :"" Gue super kepo tapi gue gabisa menghandle kalau hasilnya beneran buruk gue ga sanggup :"" Akhirnya gue lari ke toilet ninggalin Rahma. Terus balik lagi ke ruangan tadi terus liat Cece nangis :""""" Subhanallah makin negatif semua hal. Dari sejak itu sampe di bus gue bengong, bener-bener mikir semua hal yang akan terjadi kalo misalnya sampe masuk Divisi Satu lagi. Waktu hari pertama uji coba gue udah janji sama diri gue sendiri gue gabakal mau berkecimpung bantu apapun lagi buat MBWG tahun depan kalo sampe gamasuk Divisi Utama krn gue lelah. Itu gue lagi capek-capeknya moving alat dari satu tempat ke tempat lain ke tempat lainnya, ga ada orang, mau marah-marah aja rasanya orang-orang lagi pada apasih kenapa ga ada yang bantu, mau marah-marah kenapa cape banget. Gangerti salah dimana, gangerti kita harus ngapain lagi, gangerti kurang apa. NAC udah, alat asli nyobain udah kurang apalagi... Huhu udah super buruk pikirannya.

Sampai di penginapan, disuruh kumpul dulu di lobby depannya. Ya Allah jantungku berhenti berdetak banget, ga sanggup banget kalo bayangin beneran masuk Divisi Satu lagi. Terus sampe penginapan. Duduk. Terus Bang Dim dateng, bawa amplop coklat, terus nanya ke kita semua.
"Mau masuk divisi apa?"
"Divisi utama"
"Lebih mau peringkat terakhir divisi utama atau peringkat satu di divisi satu?"
"Peringkat terakhir divisi utama"
"Kalau gitu kita berhasil. Kita masuk divisi utama"
Terus semua orang langsung teriak. Gue langsung meluk Faza. Terus teriak. Terus nangis gabisa berenti. Ya Allah ga kebayang bakal sehancur apa gue kalo misalnya ini semua ga tercapai :" Kita peringkat ke-10 divisi utama :") Gapapa peringkat terakhir ku tak peduli. Tapi nilai perkusinya rendah banget cuma 5.25 HUFFFFT ga terima ga terima ga terima. 

Keesokan harinya kita latihan di Istora. Karena yang Divisi Satu selesai jam 2an jadi bisa pinjam alat CI yay! Terus yaudah dari pagi akhirnya latian pake alat kita. Wkwk sempet lagi pemanasan di atas pake alat kita terus tiba2 di sebelahnya ada BCK :" Terus PITnya pake speaker dan alat lengkap hahahahaha langsung ga fokus. Terus kan itu hujan terus kan di Istora jadi emang kita ga bisa nyoba display samsek.. Di tengah keresahan itu, pas alat CI-nya udah bisa dipake, kan tadinya mau moving ke atas buat gabung musik, tiba-tiba ada offi yang bilang "tunggu bentar ya katanya tadi mau latian di Istora". Terus gue saat itu dengernya mikir apaan dah ni orang becanda apa gimana minta dimarahin banget WKWKWKW. Terus ternyata beneran mau latihan di dalem Istora dong... TIba-tiba katanya orangtuanya Uli kasian ngeliat kita kalo ujan-ujanan lagi, akhirnya minta tolong orang dari temen Papanya Uli. Terus kita nyoba deh 2 jam. Tapi itu sebenernya agak kurang efektif karena kita harus nunggu si acara Divisi Satu ini kelar baru bisa make.. jadi sekitar jam setengah 3 sampe jam 5. Terus di dalem sesungguhnya auranya sangat negatif :"" Semua orang panik, bahkan PITnya sempet keluar dulu krn ada part krusial yang harus revisi. Terus semua orang murung, panik, negatif banget deh huhu. Terus bahkan ga sempet nyoba full paket di dalem.... Yasudah akhirnya abis keluar dari Istora untungnya sempet gabung musik dulu sampe jam 6an. Terus balik lagi deh ke penginapan terus bobo.

TERUS UDAH FINAL. Besoknya dibangunin jam 2 pagi. Berangkat jam 3 pagi. Terus sampe sana sekitar jam 4an kita langsung uji coba lapangan. Untung sempet nyoba full paket dulu.. tapi cuma bentar banget. Hiks. Abis itu kita siap-siap pake overall dan sarapan dan mulai dimakeup. Ohiya FYI krn kita gapunya ruang tunggu, akhirnya kita numpang di depan ruang tunggunya UI krn UI tampil di akhir-akhir :") Setelah itu kita gabung musik sekali di bawah, terus siap-siap diroll call. Kali ini kita sempet visualisasi bareng dulu seband. Seharusnya juga lebih ga tegang krn gue mikirnya ini sama sekali nothing to lose, bisa masuk divisi utama udah bersyukur banget. Walaupun emang chance buat naikin peringkat cukup gede, cuma yah usaha perbaikan cuman 1 hari sebenernya kan minim banget. Siap-siap diroll call.....FFFFFFFUKKKKK DEG-DEGAN KACAO. Gatau kenapa ini tegang banget bahkan sampe mulai Vuelie AAARRRGGGGH. Parah parah parah gue gangerti gue kenapa wkwkwk. Tapi sedeg-degan itu. Kerasanya lama banget ga selesai-selesai ya Allah. Akhirnya keluar. Terus lega, ga nangis penyesalan kayak tahun lalu yang langsung tumpah banjir begitu dipeluk sama Ayu. Abis itu langsung ke atas buat sesi foto-foto yay kali ini disamperin Mama ku senang. OHIYA Eca juga nonton gue sendirian :""") Jadi waktu itu dia ga dateng konser pelepasan, bahkan se MRI ga dateng, bahkan se MTI 2012 gadateng ku sedih. Terus Eca bilang dia akan dateng kalo misalnya gue berhasil menang dan masuk final tanggal 28. Terus beneran dateng :"") Komitmen banget ya anaknya bangga deh. 




Foto-foto syudududu kemudian ganti baju, makan hokben, waktu bebas deh. Pertama-tama keliling-keliling dulu sama Fio jajan makanan-makanan ga sehat yang udah diidam-idamkan dari kemaren, terus beli kaos yayyy tahun lalu ga minat banget beli apapun wqwq. Terus akhirnya nonton, padahal awalnya ga mau nonton karena nanggung cuma nonton 5 band tapi yasudah gapapa. Bagus-bagus banget :") Ku suka banget PITnya Sanur, suka musiknya WPS, suka PKT dari segala aspeknya wqwqwqwq. Terus udah deh pengumuman dan foto-foto terus pulang ke penginapan





Terus besoknya berangkat jam 6 pagi, terus sampe Bandung nonton video dan apel penutupan. OHIYA. Terharu banget jadi setelah apel kita duduk dan cerita kesan pesan atau apapun yang pengen diceritain. Huhu sedih ku nangis. Inget banget Nindya bilang "makasih buat Abi Ii Naad yang udah mau main dan nemenin gue yang awalnya cuma sendiri main disini" huhu nin :" Terus Femi yang ngasih hadiah mallet handmade buat kita semua + surat pribadi. Ku rindu kalian sekali.


Yang berbeda di GPMB tahun ini dan tahun sebelumnya adalah.. banyak banget perjuangan, pengorbanan, dan usaha yang dikeluarkan di tahun ini. Yang sebenernya gue cukup pesimis, sangat pesimis, dan takut sia-sia. Dimulai dari ngumpulin pemain; plis banget itu dinamika dan alur pemain yang datang dan pergi udah terlalu panjang, terlalu melelahkan. Namun di akhir ternayta menghasilkan komposisi yang super mantap; pemain-pemain lama yang basicnya udah sangat terjaga dan bisa diandalkan, pemain timpani yang sebelum ini kalo main cuma 1 timpani skg dapet 4 timpani tapi pada akhirnya dipuji oleh juri di final, pemain oprec yang semangatnya justru paling kuat dan jadi penyegar di antara kita semua, pemain-pemain baru yang walaupun sempet patah semangat di tengah jalan tapi ternyata bisa bertahan dan senang disini. Kalo tahun lalu dengan mudahnya pemain terkumpul, jumlah anggota barunya banyak jadi langsung mencukupi. 

Abis pemain, ketemu lagi masalah alat. Entah udah berapa waktu yang kita korbanin, berapa weekend yang dilaluin buat bela-belain ke UI. Dini hari, tengah malam, kapanpun disempetin sebisa mungkin. Bahkan waktu itu ke UI terakhir hari Senin banyak yang UAS; baru sampe Bandung jam 3 pagi tapi jam 7 pagi ada yang UAS. Waktu final gue baru liat kalo semua band di Divisi Utama punya alat-alat lengkap :""") minimal punya chinese gong dan concert bass drum sendiri, + marimba vibes xylophone juga. Miris banget rasanya kalo liat alat-alat kita sendiri, bahkan pake pad dari kayu woy. Tapi disini juga gue mikir, dengan segala keterbatasan yang ada, kita bisa maksimalin apa yang kita punya. Mungkin baru kerasa alat aslinya di akhir-akhir aja, tapi at least usaha yang dikeluarin udah maksimal. Pad-pad yang dilihat orang mungkin lucu, tapi menurut gue itu inovasi dan bentuk usaha nyata yang bisa kita lakuin. Kalo tahun lalu boro-boro deh ke UI, ketemu alat aslipun baru H-3 tampil. Baru pertama ketemu loh, baru pertama liat, baru pertama nyoba. Baru sadar  kalo vibes semenggaung itu, kalo vibes ada teknik nginjeknya, gabisa satu lagu full diinjek terus. Baru sadar kalo mallet concert bass drum seberat itu. Baru sadar kalo dinamikanya blablabla. Bersyukur banget tahun ini porsi nyoba alat aslinya sangat banyak. Alhamdulillah. Selain mallet baru, kostum tahun ini juga baru :""") Kece banget gak sih, suka banget warnanya, celananya gelap jadi bagus, sepatunya pun super kece dan nyaman untuk dipake. Flag-flag CG juga bagus-bagus banget warnanya, mostly pink sama ungu. 

Berhubungan dengan alat, pengorbanan berikutnya adalah mallet. Kalo tahun lalu kita mallet bahkan dikasih pinjem kak Vivi semua.. yang baru ketemu bahkan pas gladi, alias hari H tampil. Sekarang tiap alat malletnya baru :"""""") Bahkan ada kantong mallet yang baru. Berkaca sama eval tahun lalu yaitu suaranya ga keluar, dinamikanya ga ada dll, mallet kali ini pun sangat diperhatikan, ada banyak jenisnya. Tapi perjuangan beli mallet ini juga cukup sulit. Buat dapet uangnya turun dari BP aja susah. Begitu ada uangnya, ketemu malletnya susah. Udah 2x Fio ke Jakarta tapi ga dapet juga, bahkan yang pertama dibela-belain naik kereta sama Femi. Tapi 2x itu juga tutup tokonya.. Akhirnya baru dipesen sama Adnan h-min sekian, waktu kita udah mau ke UI utk terakhir kalinya. Alhamdulillah keburu. 

Tahun ini, keseluruhan panitia dan semua unsur yang terlibat jauh lebih terbuka. Baik dari informasi, kondisi, ataupun cerita-cerita. Lebih positif, lebih sering disemangati, lebih visioner, lebih tahu tujuannya apa dan saingannya gimana. Jadwal latihannya pun JAUH lebih manusiawi. UAS ga ada latihan samsek, di kala tahun lalu ada latihan. Weekend latihannya cuman salah satu hari, di kala tahun lalu Sabtu-Minggu abis buat latihan. Tiap bulan pun ada waktu istirahat sejenak di salah satu weekend, walaupun ga bisa pulang, di kala tahun lalu serasa gabisa napas. Bahkan tahun ini yang ngepanpin jauh lebih longgar jadwalnya, cuman 1x seminggu loh. Bisa dilihat di foto pertama yang gue post bahkan judulnya "one hell of a year" wkwk literally sih. Bersyukurlah kalian semua. Tahun ini banyak banget bantuan dari luar, baik dari arranger luar yang selalu bantu dan bahkan sering ke Bandung. Dari alumni yang lumayan banyak ngasih bantuan dana. Dari dosen pembimbing yang lumayan sering nyemangatin. Yah semoga ITB bisa lebih terbuka lagi di masa mendatang melihat hasil prestasinya, yaitu dengan memberikan alat baru dan membebaskan jam latihan. Huf. 

Balik lagi ke masalah pemain, sekarang pemain secara keseluruhan. Dulu bahkan di awal latihan GPMB cuma ada sekitar 50 atau 60 pemain. Bahkan di fraksi tertentu ada yang kurangnya 15-17an orang di awal. Gue sangat pesimis waktu itu, selalu mikir yaelah ini mah gimana ceritanya mau nyari kemana lagi, bahkan sampe bulan apa juga masih ga lengkap. Banyak juga lika-likunya, dari oprec yang awalnya banyak, ada yang cabut tengah-tengah, bahkan sampai BP harus turun main. Banyak yang dari luar ITB, dari Unpad, Telkom, TPB, macem-macem. Saling ga kenal, bahkan sampai detik ini gue nulis ini juga banyak yang gue ga kenalan langsung salaman tapi yaudah w akhirnya cuma bisa sok kenal. Tapi di akhir ternyata keberagaman ini yang bikin kita semua bersatu; orang-orang yang emang niat main, pengen main GPMB, entah apa itu motivasinya. Bukan kayak tahun lalu, orang-orang yang dikumpulin dan dipaksa main, yang ikut GPMB entah visi dan tujuannya apa. 

Tahun lalu gue gatau gue main untuk apa. Gue gatau lawan gue seberat itu, gatau lawan gue siapa aja, gatau peluang gue sebesar apa untuk menang. Tahun lalu yaudah gue main ya main aja. Kalo tahun ini, gue sangat sangat sangat punya mimpi untuk masuk Divisi Utama. Kenapa? Karena paketnya bagus, beli paket dari luar, aransemennya bagus, udah ikut NAC kayak tim-tim di luar sana, dan udah cukup rapi kok mainnya secara umum. Gue sempet takut bermimpi, sempet takut berharap banyak sama GPMB tahun ini. Karena kalau gue berharap banyak, gue ga kebayang bakal jadi apa kalo misalnya itu semua ga terwujud. High expectation leads to disappointment. Tapi setelah selesai GPMB gue baru sadar, kalo gue ga berani bermimpi dan meminta lebih banyak hal yang memang terkesan sulit, gue ga akan punya tujuan, ga akan tahu mau kemana. Bang Dim dulu sering nanya di awal latihan, "Kalian percaya nggak MBWG bisa jadi juara? Kalian berani ngga untuk bilang dan punya mimpi kalau MBWG bisa jadi juara?". Itu selalu menampar gue tiap ditanya itu. Karena di tengah-tengah latihan gue ga percaya. Bahkan ga berani buat ngebayangin MBWG jadi juara. Karena gue takut kecewa, terlalu banyak hal-hal negatif yang bikin gue pesimis. Tapi menjelang akhir latihan, gue pun mulai menerima kalo emang ya harus punya mimpi. Mungkin karena itu juga ya gue sering nangis tahun ini :" Kalo satu line jelek, sejelek itu sampe gatau yang salah siapa, salah dimana, salah apa, pasti w nangis. Gatau kenapa; panik, stress, cape, kesel, pengen marah, pengen neriakin orang, pengen bilang "WOY SERIUSLAH" tapi entah mau ngomong kemana. Karena tahun ini gue tahu gue udah bisa mainin part gue sepaket bersih, at least pernah bersih, pernah berhasil semua, dan gue tahu semua orang juga pernah kayak gitu, semua orang. Karena itu mungkin ekspektasi gue naik, gue ga terima kalo semua usaha berbulan-bulan ini sia-sia dan hancur gitu aja. Kalo tahun lalu....HAHAHA boro-boro deh mikirin orang lain, mainin part sendiri aja masih kotor, sampe hari H pun masih belum bersih dan belum pernah bersih. Kalo kata Fio, ga ada yang namanya alasan belum pemanasan jadi belum bisa main partnya. Katanya seharusnya kita udah bisa mainin paket full di kondisi apapun, even baru bangun dari tempat tidur dan belum pemanasan apapun. Dan tahun ini gue bisa kayak gitu. Bonus PAP GPMB tahun lalu, ku tetap rindu sekali mainin Demons tempo 180 BPM yang bahkan sampe sekarang pun gue yakin gue ga sanggup :"""") Kangen Panca, kangen FE 2012, kangen masa-masa pemanasan Green sampe enek diulang-ulang terus dikejar terus speednya, kangen panas-panasan di GSG, kangen moving alat super jauh ke GSG HAHA GA DENG GA KANGEN OGAH, kangen semua hal gila di GPMB tahun lalu yang kalo gue inget-inget sekarang cuma bisa ketawa dan ga kebayang, kok bisa ya gue melalui itu semua. 





Bersyukurlah kalian semua yang baru main tahun ini dan langsung juara. Gue sangat sangat sangat bahagia ngeliat anak-anak PINKA gue bahagia main tahun ini, main puas tahun ini, dan bahkan yang tadinya gamau main jadi cukup galau buat main tahun depan. Dan gue pun bersyukur dalam hati gue mau main tahun ini, gue mampu mengesampingkan ego/trauma/takut/gengsi atau apapun itu yang dulu sempat terbersit, akhirnya berani bermimpi dan mau memulai lagi. Gue bersyukur semua kenangan di GPMB tahun ini bisa menghapus semua kenangan buruk yang mungkin ada, trauma yang mungkin ada. Bahkan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan. Baru kali ini baru tau ada yang namanya main puas. Dari tahun lalu Bang Dim selalu bilang main puas main puas main puas untuk diri sendiri, tapi gue gapernah tau gimana rasanya, ya karena gue ga main puas. Tahun ini gue bisa main puas :") Gue ngerasain gimana nagihnya deg-degan waktu diroll call yang dari tahun lalu udah diceritain Bang Dim tapi lagi-lagi ga gue rasain tahun lalu. Deg-degan tahun ini bisa dinikmatin, bisa bikin tersenyum lebar dengan sendirinya, bisa bikin gue bangga udah melalui 10 bulan latihan. Gue ngerasain rasanya mau main lagi tahun depan, ngerasain pengen bikin MBWG terus maju dan disebut waktu pengumuman 3 besar nantinya. 

WKWKW panjang juga ya postnya. Semoga tahun depan kalo gue baca ini lagi bisa terus kebayang rasa hangat yang muncul kalo ngebayangin GPMB 2014. GPMB yang bisa bikin senyum bahagia, ga kayak GPMB tahun lalu yang bikin sedih bahkan tiap disebut kata GPMB hahahaha. GPMB yang bisa bikin gue bangga nonton videonya, ga kayak GPMB tahun lalu yang gue selalu kabur gamau nonton tiap liat videonya. GPMB yang bisa bikin gue ga ngeskip lagu di Ipod tiap keshuffle midi, ga kayak GPMB tahun lalu yang terakhir gue dengerin entah kapan midinya. GPMB bersejarah yang berhasill meningkatkan nama MBWG di kancah nasional. 
Peringkat 10 Divisi Utama, Peringkat 8 Field Percussion.



Comments

Popular posts from this blog

what if

what if is a really strong word if you combine it all together. you could think about it over over and over again, until who knows when. what would happen if i chose it, what would happen if i decided to go there, what would happen if i didn't let it be that way......and so on. now i'm sitting here and all the thoughts are coming back in my mind. 'i wished i didn't do it'. 'i wished i acted different back there'. 'i wished i can take it back'. 'i wished i can fix that'. among all the decisions that i made in my life, there is one thing, the one i hoped i could change. I wished I didn't quite my piano lesson. when I was a kid, like other kids did, my mom put me in many courses. piano, painting, traditional dance, basketball, swimming, sempoa, mathematics, english, drums, vocals, and other things. it's really normal though, it's the kind of ability that most children will have to learn. but when i started to grow up, i can decide wh

SINGAPORE: My 1st hostel experience

HI ALL! It's been a while since I wrote a blog post, but I decided to do this as a hobby (hopefully not too lazy and hopefully exciting things happen in my life to be told). - because they say that success people love to write and write and write and write. And just because writing your heart out actually feel relaxing in a way. I will try to make this on English to practice my writing skills. Writing a blog post is one of my to do list in 2017, even though maybe no one will read this but that's OK. Beside sharing my stories, I will also give (hopefully) useful tips based on the experience that I got through this traveling. Also thinking about changing my URL name which is very lameeeeeee since I made it on junior high school - any suggestions? This post is about my short trip experience to catch COLDPLAY in Singapore. But not only about the Coldplay concert, this is also about my first ever solo trip (even though only in Singapore). I am not a big fan of Coldplay,