Skip to main content

dnalreztiwS ;-)

SWITZERLANDDDDDDDD!!!!! yuhu setelah berbete-bete ria pulang duluan TO, malemnya gue langsung cao ke airport. capek bgt wei udah pas TO tidurnya cuma 3-4 jam gara2 jaga vendel terus lari pagi, ini lgsg pulang hahaha tp gpp 20 jam di pesawat udah cukup kok. super seneng ntn berbagai macem film. pertama nyampe di swiss, yaitu di Zurich, kaget gara2 ternyata udaranya dingin. ga yang dingin bersalju sih, cuman berhubung ya jakarta panas sepanasnya dunia, kaget banget. abis naik taksi dari bandara ke tempat nginepnya, mau nyoba jalan-jalan ke stasiun kereta. dingin banget parah gue kesel sendiri gue marah2 sendiri hu dingin. perjuangan bgt pula nyari stasiun keretanya muter2 gitu gaada yang tau dimana. setelah berhasil nyampe mainstation dari stasiun kereta deket tempat nginep, terus ngebook tiket yang bisa dipake naik kendaraan apapun di swiss, terus makan bentar kan. abis itu pulang ke stasiun kereta yg deket tempat nginep kan, tapi karena jalannya berliku banyak belokan dan udah malem akhirnya salah jalan. jadi jauh bgt dari tempat aslinya, mana ujan dingin banget, gaada orang buat ditanyain, kesel banget deh. akhirnya mau naik tramp kan, udah 3 kali naik tramp ganti2 ujung2nya balik ke mainstation. keseeeeel parah, bete. akhirnya yang terakhir baru bener deh. capek banget. pas itu gue udah males banget pergi2 sendiri besoknya.

hari kedua gue ke Geneva. setelah dikasih tau sama temennya mama di Swiss, ternyata buat mencapai ke stasiun kereta di deket tmpt nginep itu ada jalan pintasnya. gile kmrn udh nyasar2. dari situ gue ke main station, terus naik fast-train ke Geneva. Mainstation di Zurich adalah stasiun utama paling sibuk di Eropa kalo ga salah. sibuk banget woi, seakan orang2 tuh gabisa menghabiskan waktunya dengan santai, semuanya serba buru-buru. tapi bagusnya semuanya serba on time. di saat gue masih jalan pelan2 liat2 kanan kiri, semua org di sekeliling gue lari-lari atau lagi bawa kopi minum sambil jalan atau lagi asik megang ipod. semua orang make iphone disini oke banget yak. terus fast trainnya bagus banget parah bersih, teratur, tempat duduknya terjaga, kacanya gede, orang-orang juga tertib banget. terus gue kmrn beli tiket yang bisa dipake di transport apapun di seluruh Swiss jadi tinggal nunjukkin itu aja. Geneva tergolong jauh dari Zurich, 3 jam dari situ, jd sebenernya gue agak takut nyasar. nyampe sana udaranya dingin banget, gue nyari-nyari tourist information yang ktnya ada di main station kan, terus ternyata mesti jalan keluar dulu. fuckyea gue kesel banget ampe nangis saking gue gatau mau ngapain. GASUKA DINGIN BANGET WOI GA KUAT huh tapi akhirnya gue jalan juga setelah udh beli roti krn gue laper. akhirnya stlh jalan2 dan untungnya ga nyasar, ketemu juga tourist informationnya. krn cuacanya lg ga enak buat jalan2 akhirnya gue ikut tour di dalem bus. seru banget liat2 bangunan2 internasional, gedung pbb, dan macem2 lagi. karena cuacanya jelek, di Lake Geneva itu mestinya ada air mancur yang pancarannya paling tinggi di Eropa!! dan itu mati. kesel wei. abis tour naik bis, gue lanjut naik kereta kecil yang terbuka gitu ngelewatin bagian Old Town dari Geneva. ada gereja super besar, ada jam bunga, terus jalan-nya itu khas-khas Eropa yang kecil dengan bangunan2 tinggi di kanan kiri yang biasanya kayu dan jalannya itu aspal kotak-kotak. senang sekaliiiiiiii walaupun masih bete dgn cuacanya. setelah selesai semua tour2 itu gue balik lagi ke Zurich naik kereta, terus ketemu mama!! seneng bgt loh waktu liat mama udh nunggu di tengah kerumunan orang2 sibuk di mainstation :) abis itu makan malem tp karena kita gatau tempat makan apapun akhirnya makan di mainstation juga, enak banget spaghetti sama pizza gitu, kejunya super banyak ~~~ setelah itu karena melihat dua hari kemarin menderita hanya dengan menggunakan kaos dan jaket, akhirnya beli coat yang super tebel gitu. enak banget jyo jadi hangat, lumayanlah jadinya tidak terlalu menyiksa tubuh

hari ketiga gue ke Bern. kota ini gak terlalu jauh jadi gue tenang2 aja. ternyata kemaren yang cuacanya jelek itu suhunya minus 3 ha ha ha pantes. tp sekarang udah menghangat jadi senang, bahagia banget liat matahari. terus gue ikut walking tour disana. KOTA FAVORIT BGT INI PARAH PARAH PARAH SENENG BGT!! ada banyak sekali air mancur dengan patung kecil di atasnya, bagus-bagus sekali. di pertengahan jalan pasti selalu ada, dan selalu seneng ngeliatnya. terus kota-nya itu nyaris semua jalan-nya kayak model2 jalan Eropa yang lama itu lho~~ bagus ya, bener-bener kota wisata banget. terus ada di tengah2nya yang dijadiin semacam pasar gitu, bahagia banget suasananya ada balon-balon berasa festival deh. abis itu ada gereja yang super besar, terus ada ceritanya sendiri di masing-masing ukiran, seru utk dibaca. lalu ada objek wisata lain yaitu bekas apartment-nya Einstein, tapi sayangnya gue ga masuk ke dalemnya. teruuus ada Bear Park gitu, jadi ada taman super luas menuju ke bawah gitu di tengah2nya ada danau kecil, terus ada beruangnya di pager-pagerin. semua orang bisa liat gausah bayar. abis itu kayak ada jam besar yang setiap satu jam ada boneka yang keluar terus ada musik2nya, macem2 jam gede di PS tapi versi lebih berkelasnya. lucu banget terus berdentang sesuai jam berapa. setelah selesai ikut tour, gue jalan2 sendiri muter-muterin Bern. enak banget cuacanya lagi bersahabat dan kotanya bener2 enak buat jalan kaki kemanapun. gedung-gedungnya bagus. terus kalopun gue nyasar juga orang2 disana kebanyakan sangat membantu walaupun sbnrnya bahasa Inggris mereka ga bagus2 banget. abis dari situ kan gue balik lagi ke Zurich, terus ternyata mama pulangnya cepet, jadinya temen2 dari trainingnya mama berencana mau naik boat trip muter2 Zurich. tapi krn baru berangkat jam setengah 5 kurang, boatnya terakhir jam 5, terus kan pake nyasar2 salah tramp juga akhirnya ga sempet deh. cuma foto-foto doang.

hari keempat gue ke Basel. sama seperti kemarennya, gue ke mainstation dari stasiun kereta dari rumah, terus naik fast train ke Basel. cuacanya sedikit lebih dingin dari kemarin tapi masih ada matahari. terus tournya mulainya tiga, kata mba-mbanya disuruh ke tourist information yang satu lagi bukan di mainstation, jadilah gue kesana. sambil nunggu gue muter2 jalan2 sendiri menikmati bangunan dan udara yang super enak dan bersih. ada sebuah taman yang di tengah2nya ada hiasan2 buat di air mancurnya. setelah muter2 di sekitar situ gue balik lagi ke tourist informationnya. karena gue udh berulang kali nanya, jadi gue nungguin aja tuh. tau2 udah 3.10 tapi kok ga ada2 orang2 lain. gue masih nunggu aja. akhirnya mba-mba yang dari tadi gue tanyain nanya ke gue, gue nungguin apa. terus gue blg ya gue nunggu tournya. terus dia bilang, mulainya itu di taman tempat gue liat2 air mancur tadi!!!!!!!!!!! karena udh lewat dari jam 3 ya pasti udah mulai kan. kesel banget orang gue udah nungguin dari jam 11. ga dapet apa2. mau jalan2 sendiri juga udah mulai sore, kalo nyasar2 kan ribet juga. bete banget parah pas ini kesel banget. akhirnya duit gue dibalikin terus gue pulang aja tuh. udah bete banget di kereta gue diem aja. pas ketemu mama gue ngamuk2 super ngamuk2 hu kesel. tapi abis itu kita jalan2 di Banhofstrasse, salah satu jalan paling terkenal di Swiss, semua isinya merk2 mahal super mahal berderet gitu. mabok deh. terus ada dept store baru buka gitu namanya Jelmoli, jadi masih diskon2. mama kalap beli longchamp zara swatch dan segala macemnya ahaha tapi emg jatohnya lebih murah sih, entah taxnya atau gimana. pulang dari situ krn udh malem gatau mau cari makan dimana akhirnya ke burger king ^^ aneh bgt malah ga ada mushroom swiss padahal itu paling enak seenak2nya dunia

hari kelima gue ke Luzern. nyampenya untung pas banget, tournya pagi-pagi soalnya jam 9. pertama liat-liat ada namanya Kuntmuseum dari kaca-kaca gitu gedungnya, terus ngeliat Chapel Bridge yang terkenal itu karena dia ngehubungin jalan gitu di atas sungainya. bagus bgt bridgenya kayu-kayu dan masih terawat gitu walaupun smpt kebakaran taun brp gitu tapi udh dibenerin, terus kan bentuk bridgenya jadi atepnya bentuk segitiga, nah di langit2nya ada gambar-gambar yang katanya nyeritain sejarahnya. walaupun bahasa Jerman tapi cukup bisa dimengerti dan seru banget. abis itu ngeliat gereja, town housenya yang bagus sekali. btw kota ini sebagian besar daerah car free jadi jarang banget ngeliat mobil, bisa nyebrang dengan mudah. abis itu gue ke sebuah jalan dimana disitu banyak banget bangunan2 yang temboknya bergambar!! super cutie kalo rumah sakit gambarnya ada hati-hatinya, terus ada namanya Weinzmarkt itu di temboknya di tulis huruf2nya satu2 lucu bgt super colourful. restoran2nya juga digambar-gambarin jadi super menarik dan bikin pengen makan. abis dari situ kan tournya selese, tapi katanya ada satu objek wisata namanya Lion Monument. daripada gue penasaran setengah idup akhirnya gue jalan2 nyari2 sendiri deh. ngelewatin jalannya kan di sebelah danau, bagus banget ada bebek dan angsa yang hidup bebas disitu!! bisa ngasih makan dari pinggir, terus bisa duduk2 ngaso super dewa. ngelewatin berbagai macem jenis bangunan, ada byk sekali gereja yang bagus disana. terus setelah muter2 akhirnya nemu juga!! jadi kayak ada danau kecil terus ada monument berbentuk singa, terus foto2 deh. super puas entah kenapa begitu nemuin sendiri!! abis itu krn emg Luzern juga kota wisata plg byk turisnya, byk toko souvenir terus gue beli macem2 deh beli titipan oleh2. terus kan itu masih sekitar jam 3an dan mama selese training jam 5, jadi gue ikutan boat trip! gak bayar karena pake tiket yang bisa naik kendaraan apapun di swiss, praktis bgt ya. super zeru boat tripnya, ngelewatin gunung Alpen, terus bagus banget viewnya ada gunung2 ada pohon2 ijo ada rumah2 dengan warna colourful. lumayan mabok sih 2 jam hahaha tp gpp. abis itu gue duduk2 di pinggir danau sambil foto2, super seneng liat bebebk dan angsa banyak bangeet!!!!!!!!!!! abis itu pulang ke Zurich ketemu mama, terus ke Jelmoli lagi beli oleh2 buat temen2 mama sambil liat2 lagi. ya maklumlah lidah orang asia ga biasa kl ga makan nasi, akhirnya kita beli chinese food di mainstation terus take away makan di tempat nginep. SUPER DEWA enak banget rasanya, pdhl gue cm makan mie goreng sama daging biasa gitu pake nasi. tapi seneng banget kangen banget makan nasi khwkhwkw

hari berikutnya gue ke Winterthur. sebenernya kota terkenal dan harus didatangi itu kan sudah gue datengin semuanya kemaren2, tapi mama masih ada training jadi ya gue habiskan dengan pergi ke kota yang deket2 aja deh. disana gue ikutan walking tour yang dikasih mp3 terus gue jalan2 sendiri. seru juga sih jalan2 lihat2, kebanyakan sih gedung2 dan museum2. gak ada sesuatu yang seru banget disana gitu2 doang cuma seneng aja jalan-jalannya ituloh entah kenapa hahaha, ada taman yang di tengah2nya ada batu-batuan gede membentuk postur orang lagi duduk, terus ada hiasan super gede bentuk papan catur, lucuuuu bgt. abis itu ada juga objek wisata yaitu rumah terkecil di swiss. kecil banget kayak cuman muat 2 kamar gitu, tapi bertingkat sih. abis selese muter2in gue pulang ke Zurich, dan btw mamaku ulangtahun hari ini!!! jadi sambil nunggu mama di mainstation gue beli2 souvenir sekaligus postcard dan kue buat kado ulgtahun hwkwkwk. abis itu karena temen2 training mama mau ikut boat trip yang kemaren gagal, akhirnya gue ikut juga. btw teman2 training mama sangat beraneka ragam, ada yang dari india, dari korea, dari hongkong, dari yunani, dari polandia, macem2 deh lucu banget. akhirnya pas jadwalnya dan tercapai cita2 utk boat trip di zurich! haha dua kali ajaloh gue boat trip, mabok mabok....tp seru, seneng bgt liat2. abis ituuuuu akhirnya makan dan pulangggg merayakan ulangtahun mama!

hari keenam karena mama udah nggak ikut training lagi, jadi kita bisa pergi yang jauh2, hari ini ke Mt. Titlis!!!!! ehehehe super excited main salju. berangkatnya jam 10an dari Zurich, terus perjalanannya jauh banget kotanya jauh, ngelewatin kota-kota lain juga. sempet mampir Luzern lagi juga hihihi senang bisa ke lion monument sama mama ^^ cm sempet muter2 bentar sih disitu. abis itu nyampe sana langsung caoooooo!!!! ngeri juga sih tinggi banget gunungnya, sekitar 5 kali naik cable car buat nyampe ke atas, untung kuping gue lagi ga sinus. nyampe sana super kedinginan, udah pake jaket dobel dan sarung tangan padahal. lagi windy banget cuacanya jadi anginnya super kenceng, gabisa naik yg ice flyer itu hu pdhl pengen. pas keluar ke salju2nya aja gue sm nykp udah jatoh2 ketiup angin kenceng banget, gabisa melek gara2 sipit dan dingin. krn ga kuat akhirnya cm foto2 bentar, terus2 duduk2 di salju HEHEHE super seneng loh liat salju! parahparah pengen gue bawa pulang.....tapi kayanya kalo tinggal disana pas bersalju gue bakal males banget keluar rumah. abis itu krn mama pusing krn emg dingin banget akhirnya makan, super dewa makan sup di saat2 seperti itu. abis itu foto2 lagi terus turun ke bawah. ngeri bgt ngebayangin lo tiba2 terdampar di tengah timpukan salju dan ga bisa menemukan jalan pulang, salju dingin banget ternyata ga bakal kuat deh gue kalo disini. abis itu pulaaaang. nyampe Zurich udh tepar banget jadi cuman makan terus pulang ke tempat nginep

hari terakhir....hu gamau pulang. ULANGTAHUNKU BYTHEWAY INI HIHIHIHI SENANG. bete juga sih di swiss super pelit wifi jd bbm gabisa nyala, gabisa liat bbm orang2 hufff T_T tapi yasudahlah. hari ini aku dan mama tour ke Rhinefalls! karena ga jauh2 amat jadi di perjalanan juga ga lama. cuacanya lagi cerah jadi gausah pake coat woohoo. nyampe disana terus foto2 bentar laluuu naik perahu buat lebih deket ke air terjunnya. sampe di tengah2 sungainya, mesti naik tangga berbatu2 buat nyampe ke atas dan bisa ngeliat rhinefall-nya dari atas. capek juga loh mana jalannya sempit licin curam banget, dan cm bisa dilewatin sama satu org, sementara yang naik dan turun banyak banget. untung gue nyampe awal2 jadi turunnya duluan. bagus bangeeeeet liatnya seneng! pengen lama2 liat2 di atas....seru aja gt liatnya, kecipratan percikan2 airnya wow wow. abis itu naik perahu balik lagi ke tempat tadi terus foto2 lagi terus makannn. karena sampe Zurich baru siang-siang dan pesawatnya masih malem, jadi kita ikut Zurich City Tour! seru banget jyo ternyata, Zurich super luas. dan 5 hari kemaren tuh rute gue cuman dari tempat nginep-stasiun kereta-main station- terus langsung cao ke kota lain, jadi gue gatau ada bagian lagian dari itu!! seruuu ada bangunan2 super Eropean, terus ternyata kotanya gede banget :O muter2 naik bus juga tetep jauh. ada gereja (lagi) yang super besar dan ada ceritanya, seneng banget gue denger cerita2 kayak gitu ga bosen2 ajaloh. terus ada banyak patung2 dan jam yang super besar di jalan raya. oiya di zurich banyak danau! paling gedenya sih ada dua, tapi selain itu ada aja gitu, dan ga kecil juga. abis itu banyak taman-taman yang super enak buat ngasooooo T_T OIYA dan disini super banyak sepeda!!!!! semua orang kalo nggak naik sepeda, pasti naik kereta atau tramp atau bus. disini jarang bgt dikit bgt yang punya mobil karena emang biaya parkirnya mahaaaal banget super mahal, dimana2 bayar. dan emang transportasinya bagus dan lancar banget sih, jadi ya orang ga males juga naik kendaraan umumnya orang berkelas gitu. sepeda-sepeda juga ditinggalin gitu aja di pinggir jalan, emang bener2 aman deh ga ada takut2nya ilang. dan itu membuat gue sangat ingin sepedaan disini!!! huhu sumpah udaranya lagi enak banget, jalannya juga kan gede gitu, mobil cuman dikit, gile lengkap jyo. abis selese muter2 kita naik cable car dari bawah naik ke atas terus ntar turun lagi. di atas baguuus bisa liat Zurich semuanya dari atas, keliatan danau2 dan segala macem gedungnya. OIYA rumputnya disini warna warni WEI BAGUS BGT WEI ada yang merah, kuning, UNGU, oranye, coklat....parah bagus banget pengen gue foto2in satu2 tapi ga boleh sama mama katanya kurang kerjaan. tapi beneran bagus banget ^^^^^^ musim apa ya ini namanya, early winter berarti akhir2 fall kali ya, hahaha gatau deng. pokoknya bagus walaupun cuacanya suka resek. terus abis naik cable car di atas bagus sekali, ngelewatin pepohonan warna warni, terus pas nyampe atas ada semacem hutan kecilnya gitu banyak pohon!!!! tadinya mau jalan2 muter2 tapi mama gamau soalnya dingin banget krn tinggi dan waktunya ga banyak. akhirnya cuma liat2 disitu deh, terus turun lagi ke bawah pake cable car dan melewati dedaunan penuh warna itu lagiiiiii hihi super senang. abis itu tournya diakhiri dengan boat trip, walaupun kali ini jadi bus yang buat tournya itu naik kapal, terus kita bisa turun2 ke kapal liat2. selalu senang deh naik boat trip. abis itu langsung cao ke bandara deh.

seminggu kemarin benar-benar super menyenangkan! favorit gue itu Luzern dan Bern, seneng banget kota wisata yang enak buat jalan-jalan gitu. pengen banget kesana lagi, bawa sepeda kalo bisa HE. hal yang paling enak di Swiss yang ga bisa didapetin di Jakarta adalah transportasi yang super pewe. teratur banget gila, ada tramp bis sama kereta, tinggal masukin karcis doang, dan stasiun2nya ada di semua daerah jadi gampang banget buat kemana2. rapih dan ga rusak gitu jadi orang juga ngerasa nyaman naik2 itu, jadinya juga ga macet krn mobil parkirnya disitu mahal jd yg punya mobil dikit. tapi biaya hidup disana sangat sangat sangat mahal, gila apa gue ke toilet di stasiun aja 2Fr, atau sekitar 20.000 disini GILA WOI parah banget. terus kalo makan di burger king, mau minta saos bayar 0.30Fr, atau sekitar 2700 PER SATU BUAH. gile yak, contoh kecil aja sih itu. terus yang punya rumah per orang juga sedikit, kebanyakan tinggalnya di apartemen, atau rumah susun tapi versi bagusnya. tapi bagus sih jadi ga penuh gitu kotanya, ga kebanyakan rumah ataupun bangunan. sangat sangat ingin kembali kesana suatu hari nanti.........terimakasih sudah menutup bulan oktober ini dgn sangat menyenangkan!!

Popular posts from this blog

2 tahun, 2 cerita.

YIHA. Lama banget rasanya ga nulis blog wkwk padahal udah banyak banget draft yang udah setengah jalan tapi terlalu mager buat dilanjutin contohnya london trip & gpmb tahun lalu (di bawah ini ada secuplik kisahnya yang ga jadi gue lanjutin wkwkwk) Kali ini insya Allah ga mager karena terlalu banyak cerita untuk dikenang. Jadi cerita kali ini akan dimulai dari awal gue bergabung ke tim MBWG goes to GPMB disertai dengan perbandingan kisah di tahun lalu. Loncat-loncat sih alurnya hahaha yasudahlah ya. Here it goes. Setelah selesai latihan standardisasi di bulan Februari, mulai-lah muncul wacana audisi untuk pemain GPMB. Waktu itu gue udah menetapkan dari awal kalau gamau main, karena cape, mau nyoba hal lain, dan alasan-alasan klise lainnya. Waktu itu dari FE 2012 cuman Nindya yang mau main, yang lain ga ada yang mau lanjut. Tapi kata Fio semua yang ikut standardisasi harus ikut audisi... yasudah akhirnya gue pun audisi. H-1 audisi Fio ngeline gue, ngebujuk-bujuk mau main

what if

what if is a really strong word if you combine it all together. you could think about it over over and over again, until who knows when. what would happen if i chose it, what would happen if i decided to go there, what would happen if i didn't let it be that way......and so on. now i'm sitting here and all the thoughts are coming back in my mind. 'i wished i didn't do it'. 'i wished i acted different back there'. 'i wished i can take it back'. 'i wished i can fix that'. among all the decisions that i made in my life, there is one thing, the one i hoped i could change. I wished I didn't quite my piano lesson. when I was a kid, like other kids did, my mom put me in many courses. piano, painting, traditional dance, basketball, swimming, sempoa, mathematics, english, drums, vocals, and other things. it's really normal though, it's the kind of ability that most children will have to learn. but when i started to grow up, i can decide wh

SINGAPORE: My 1st hostel experience

HI ALL! It's been a while since I wrote a blog post, but I decided to do this as a hobby (hopefully not too lazy and hopefully exciting things happen in my life to be told). - because they say that success people love to write and write and write and write. And just because writing your heart out actually feel relaxing in a way. I will try to make this on English to practice my writing skills. Writing a blog post is one of my to do list in 2017, even though maybe no one will read this but that's OK. Beside sharing my stories, I will also give (hopefully) useful tips based on the experience that I got through this traveling. Also thinking about changing my URL name which is very lameeeeeee since I made it on junior high school - any suggestions? This post is about my short trip experience to catch COLDPLAY in Singapore. But not only about the Coldplay concert, this is also about my first ever solo trip (even though only in Singapore). I am not a big fan of Coldplay,